Monday 7 March 2016
0 comments

Museum Satwa & Batu Secret Zoo Jatim Park 2 Kota Batu Kabupaten Malang

17:16
Hari Sabtu, 5 Februari 2016 Kami mengunjungi Jatim Park 2 di Kota Batu Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Perjalanan dari Kota Blitar ke Kota Batu sekitar 2 jam. Kami tidak lewat Kota Malang. Perjalanan lewat peggunungan Pudjon yang berhawa sejuk dan jalan berliku liku kanan kiri tebing dan sungai kecil. Sekitar jam 10 an pagi kami sampai di Jatim Park 2.
Berikut ini informasi tentang Museum Satwa:
Museum Satwa adalah sebuah tempat rekreasi yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur. Obyek wisata ini berada sekitar 20 km sebelah barat Kota Malang dan kini menjadi salah satu icon baru wisata Jawa Timur. Museum Satwa merupakan bagian dari Jatim Park 2. Struktur bangunan museum terlihat klasik. Pilar-pilar besar dan tinggi terlihat sangat memukau terlihat seperti bangunan ala-ala Romawi. Tidak heran jika tempat ini menjadi tempat favorit untuk berfoto. Pada kiri dan kanan bangunan terdapat patung gajah dengan ukuran besar. Sedangkan pada bagian depan, patung-patung lucu menjadi hal yang menarik untuk anak-anak.

Sesuai namanya, koleksi yang dipamerkan di Museum Satwa adalah berbagai binatang yang ada di seluruh dunia dan di seluruh benua seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartik, koleksi satwa ini sendiri dari mulai satwa yang masih ada higga satwa yang sudah punah. Satwa yang dipamerkan tentu bukan dalam kondisi hidup, melainkan satwa yang sudah diawetkan atau berupa patung rekonstruksi.
Sesuai dengan tujuan didirikannya yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh tidak dengan sengaja diburu tetapi diawetkan dari satwa yang telah mati. Selain itu Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan replika satwa purba lainnya.
Satwa yang diawetkan dapat dinikmati dalam bentuk diorama. Di dalam tiap diorama terdapat satwa beserta habitatnya. Habitat disesuaikan dengan kondisi lingkungan hidup dari satwa tersebut. Macam-macam habitat yang dapat dilihat antara lain padang pasir, hutan, daerah salju, dan habitat lainnya. Diorama habitat dan satwa yang ada di dalamnya terlihat nyata, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan berbagai jenis satwa kepada anak-anak mereka. Selain itu, diorama ini juga akan membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah yang merupakan dari habitat satwa. Kita akan dibuat seolah-olah dibawa untuk melihat di alam aslinya.






















Selain diorama hewan darat, ada pula diorama ikan. Berbagai macam ikan dari berbagai belahan dunia dan dalam tempat hidup yang berbeda-beda. Diorama ikan terlihat unik, karena diorama mampu menampilkan tempat hidup ikan yang berbeda-beda. Habitat ikan di sungai, danau, rawa, laut dangkal sampai habitat ikan laut dalam tersaji nyata. Anda seolah-olah sedang menyelam dan menikmati berbagai jenis ikan ini.
Anda juga dapat menikmati ribuan jenis serangga pada insektarium. Serangga-serangga ini tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari berbagai negara, bahkan dari benua Afrika yang kaya akan jenis satwa liar. Melihat jenis-jenis serangga dapat menambah pengetahuan Anda karena tidak semua serangga yang dipamerkan bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Hal menarik lain yang ada di museum ini yaitu pameran fosil. Aneka fosil yang dipamerkan mampu menjadi daya tarik tersendiri. Fosil-fosil direkonstruksi sehingga menyerupai struktur satwa sebenarnya. Misalnya, fosil dinosaurus. Oya, di museum ini juga terdapat pertunjukan hewan yang bisa Anda saksikan setiap hari pada pukul 11.00 WIB. Live show animal ini merupakan perpaduan teknologi canggih antara video animasi layar lebar, laser warna warni, dan boneka hewan robot yang mengisahkan tentang kehidupan hewan-hewan pada zaman es.
Video Link:



Jika Anda lelah jalan-jalan dan tiba-tiba perut lapar, tak perlu cemas. Terdapat Jungle Fast Food dengan desain unik berkonsep rimba raya yang pastinya hanya ada di Museum Satwa. Anda akan menikmati pengalaman berbeda yakni makan ditemani hewan dan kursi yang bisa berputar. Di sekeliling lokasi ini mudah dijumpai hotel dan pedagang suvenir. Museum satwa buka jam 09.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp 20.000 per orang.


















































































































































































































0 comments:

Post a Comment

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top