Friday 3 August 2018
0 comments

Catatan Perjalanan Darat Dari Pekalongan ke Bromo Pasuruan Jawa Timur dan Denpasar Bali

04:31

Pada hari Sabtu, 9 Juni 2018 pukul 22.00 WIB, Kami memulai perjalanan darat mengendarai mobil dari Kota Pekalongan menuju ke Pulau Dewata / Bali via Kota Yogyakarta dan mampir Gunung Bromo. Perjalanan dari Pekalongan ke Kota Jogjakarta sekitar 4 jam via Sokorejo Kendal. Kami berangkat dari Yogyakarta sekitar pukul 08.00 WIB via Kartasura masuk Tol fungsional Solo - Kertosono perjalanan lebih cepat hanya butuh waktu 2 jam dari Solo tiba di Ngawi. Dari Ngawi masuk tol full operasional sampai ke Nganjuk. Kemudian dari Nganjuk melalui jalan nasional menuju Kartasuro via Nganjuk via Jombang via Mojokerto dan terakhir Pasuruan. Dari Pasuruan menuju ke arah Wonokitri. Tiba di guest house Wonokitri sekitar pukul 18.00 WIB. Kami di jemput Mas Hendro, pemandu turis lokal dan supir Jeep. Kami menginap semalam di Wonokitri. Tarif kamar semalam Rp 300.000,- kamar mandi di dalam dan king single bed.

Sekitar pukul 03.00 WIB, Kami Niel dan Hendrika (turis dari Belanda) dan saya sendiri Eka (Tour Guide) dijemput Jeep untuk menuju ke Bukit pandang Pananjakan. Perjalanan menuju Pananjakan hanya butuh waktu 30 menit. Jeep parkir di pinggir jalan dilanjutkan jalan kaki. Dari lokasi parkir Jeep ke lokasi Pananjakan view sekitar 15 menit. Sekitar pukul 04.15 WIB tiba di Pananjakan. Di sini kami duduk menunggu hingga matahari terbit. Sekitar pukul 04.40 WIB sinar matahari mulai muncul di ufuk timur dan wujud gunung Bromo sekitarnya mulai nampak. Pukul 07.00 WIB kami kembali ke lokasi parkir Jeep. Perjalanan dilanjut menuju Kawah Bromo, di sini kami berjalan kaki. Sebenarnya bisa menggunakan kuda untuk Kawah Bromo tarifnya berkisar dari Rp 25.000,- hingga Rp 35.000,-. Jika berjalan kaki keatas membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Setelah itu kami menuju ke lokasi Pasir Berbisik dan dan Bukit Teletubies, Di lokasi ini kami hanya ber swafoto (selfie). Sekitar pukul 11 siang kami meninggalkan area wisata Bromo kembali ke guest house. Pukul 12 siang setelah berkemas-kemas kami langsung check-out menuju Pulau Bali. Perjalanan melalui Kabupaten Probolinggo, Situbondo,  dan Banyuwangi. Tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi sekitar pukul 18.30 WIB. Pada hari Senin, 11 Juni 2018 tidak terjadi antrian. Kami masuk di area pelabuahan ferri dan di datangi petugas meminta nama. Kemudian kami melewati loket membayar sekitar Rp 150.000 untuk mobil kecil (MPV) plus 4 penumpang.

Pukul 19.00 WIB akhirnya kami masuk ke lambung kapal ferri yang akan menyebrang Selat Bali menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali. Sekitar Pukul 19.30 WIB atau 20.30 WITA sudah mendarat dan melanjutkan perjalanan di Pulau Bali. Dari Gilimanuk kami menuju ke Pamuteran Kabupaten Buleleng untuk mengantar 2 turis Belanda. Sekitar pukul 21.00 WITA tiba di penginapan dimana turis itu akan menginap.

Setelah itu kami langsung kembali menuju Kecamatan Nagara Kabupaten Jembrana dan menginap disini. Kami menginap di kamar standar non AC hanya Rp 100.000 per malam. Hari Senen tanggal 11 Juni 2018 kami melanjutkan perjalanan menuju Pura Tanah Lot di Kabupaten Tabanan. Dua jam perjalanan. Pura Hindu yang terletak di tepi pantai dan diatas batu karang yang sudah menjadi ikon dan terkenal di Indonesia hingga mancanegara. Disini kami hanya sekitar 1 jam. Kemudian kami lanjut kembali perjalanan menuju Pantai Kuta dan melewati Jalan Legian yang terkenal sebagai pusat turis mancanegara berkumpul. Sekitar 10.00 WITA  tiba di Pantai Kuta. Disini kami menikmati pemandangan pantai dan banyak wisatawan asing yang berjemur dan bermain di tepi pantai.

Setelah itu kami menuju ke Pantai Pandawa, melihat tebing-tebing batu kapur yang disini  menyediakan wisata sensasi terbang tandem paralayang.
Setelah dari Pantai Pandawa kami menuju pusat Kota Denpasar. Melihat dan menikmati suasana Lapangan Puputan yang terletak di pusat kota dan di keliling gedung perkantoran dan Pura Agung. Pukul 18.00 WITA kami langsung kembali melanjutkan perjalanan pulang ke Pulau Jawa. Menginap semalam di Kota Nagara dan paginya langsung ke Pelabuhan Gilimanuk Bali.

RESERVASI BOOKING ONLINE RENTAL MOBIL, MIKROBUS, MEDIUM BUS, BIG BUS DAN SKUTER: http://annaekatrans.com/