Saturday 8 June 2013
0 comments

Kabupaten Pekalongan Surplus Beras 71.924 Ton

02:29
Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, selama 2012 surplus beras sebanyak 71.924 ton sehingga aman untuk memenuhi kebutuhan pangan kalangan masyarakat di daerah ini.

"Selain mengalami surplus beras, kami juga mengalami hal yang sama pada komoditas gula sebanyak 2.133 ton, dan daging 242 ton lebih," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Pekalongan, Trinanto di Pekalongan, Kamis.

Menurut dia, berdasar data peta ketahanan dan kerentanan pangan selama 2012 masuk kategori kondisi ketahanan pangan sangat mantap.

"Enam dari 19 kecamatan berkategori sangat mantap, 10 kecamatan mantap, dan sisanya berkatefori cukup mantap," katanya.

Trinanto mengatakan, peta tersebut disusun berdasarkan sembilan indikator, yaitu konsumsi normatif per kapita, persentase penduduk miskin, desa teraliri listrik, desa dengan akses jalan memadai, dan persentase rumah tangga tanpa akses air bersih.

Selain itu, kata dia, persentase penduduk yang tinggal jauh dari fasilitas kesehatan, persentase perempuan buta huruf, angka harapan hidup, serta persentase berat badan balita di bawah standar.

Ia mengatakan bahwa pencapaian surplus gula merupakan suatu hal yang membanggakan karena pada tingkat Jateng belum bisa memenuhi kebutuhan gula masyarakat.

"Adapun ketersediaan beras di masyarakat meningkat pada akhir April 2013 sebanyak 17.982,7 ton sehingga aman memenuhi konsumsi masyarakatsetempat," katanya.

Ia mengatakan bahwa untuk memperkuat cadangan pangan masyarakat, pemkab telah menyiapkan program melalui kegiatan pengembangan lumbung pangan dan pembangunan lumbung pangan dan gudang cadangan pangan masyarakat sebanyak sembilan unit.

"selain itu, untuk mendorong terciptanya kemandirian pangan, kami juga mengoptimalisasi kawasan rumah pangan lestari, pembinaan kelompok lumbung masyarakat, pemanfaatan burung hantu untuk mengendalikan tikus, serta peningkatan kapabilitas penyuluh dan petani," katanya.
















source: antara 

0 comments:

Post a Comment

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top