Sunday 23 February 2014
0 comments

Ratusan pelajar SMK Karangdadap

03:15


KAJEN - Ratusan pelajar SMK Karangdadap, Senin (20/1) mengikuti seleksi tenaga kerja bidang pengelasan untuk dikirim ke PT Kawasaki di Jakarta. Proses seleksi itu dilaksanakan di sekolah tersebut.
Proses seleksi itu dilakukan dalam beberapa tahap, yakni tes tertulis tahap pertama dan kedua. Kemudian, wawancara setelah itu praktik dengan sesuai bidang yang dibutuhkan yaitu teknik pengelasan. Adapun tes praktiknya dilaksanakan di Jakarta.

Kepala Sekolah SMKN 1 Karangdadap Muhammad Nuryasin ditemui di sela-sela pelaksanaan tes mengutarakan, seleksi rekrutmen tenaga kerja teknik pengelasan yang digelar di sekolahnya itu merupakan hasil kerja sama dengan Bursa Kerja Khusus SMKN 1 Karagdadap dengan PT Kawasaki.
"Pelaksanaan rekrutmen ini adalah salah satu program mengimplementasikan Kabupaten Pekalongan sebagai kabupaten vokasi. Karenanya, SMK terus mendorong siswa agar memiliki kemampuan sesuai bidang yang dipelajarinya," terangnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga mengharapkan adanya pola komunikasi yang apik antara pelaku dunia industri dengan SMK. Sebab, kata dia, sekolah kejuruaan menginginkan adanya informasi yang jelas mengenei kebutuhan keahlian yang dibutuhkan di dunia industri. "Apabila kami mengetahui apa yang menjadi kebutuhan industri, mungkin saja program sekolah bisa disambungkan ke sana," sambungnya.

Humas SMK N 1 Karangdadap Muhammad Muslich menambahkan, seleksi tenaga kerja dengan melibatkan perusahaan baru kali pertama dilakukan di sekolah. Menurut dia, biasanya SMKN 1 Karangdadap hanya menjadi peserta, namun kali ini menjadi penyelenggara. Hal demikian adalah bentuk prestasi tersendiri bagi sekolah.
Disebutkan, jumlah peserta yang mengikuti seleksi kali ini mencapai 130 orang. Jumlah sebagian adalah alumni SMKN 1 Karangdadap dan siswa kelas XII serta beberapa siswa SMK dari daerah lain, seperti Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan. (i)

0 comments:

Post a Comment

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top