Sunday 23 February 2014
One comments

Pasar Ikan Hias Senilai Rp 1 Miliar Dibangun

20:48
Jadi Kawasan Pasar Terpadu
 
 
PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan membangun pasar ikan hias di Kelurahan Kuripan Lor, Kecamatan Pekalongan Selatan. Pasar senilai RP 1 miliar lebih itu dibuat untuk lokasi pedagang ikan hias yang selama ini berjualan di pasar Sayun, Kelurahan Bendan, Kecamatan Pekalongan Barat. Kepala Bidang Perikanan, Dinas Pertanian Peternakan dan Kelautan (DPPK), lili Sulistyani mengatakan, pembangunan tahap pertama di lakukan pada tahun 2013. “untuk tahun 2014 ini pembangunan kembali dilanjutkan dengan anggaran dari APBD kota,” jelas Lili, kamis (20/2).
 
Dikatakan dia, pada tahun 2013 APBD menganggarkan pembangunan pasar ikan hias sebanyak Rp 480 juta. Sementara pada tahun 2014 dialokasikan Rp 1,1 miliar untuk membangun kios, air bersih, menara air dan jaringannya, serta pemasangan beton atau paving. Sementara itu apabila pasar tersebut terealisasi akan berdampak pada perkembangan wilayah Kuripan. Pasar ikan hias dinilai cocok dibangun di lokasi itu lantaran saat ini tak jauh dari lokasi terdapat sekolah menengah kejuruan perikanan.
 
Terpadu
Selain itu, ke depan di lokasi tersebut akan ditetapkan sebagai kawasan pasar tradisional terpadu. Di sana nantinya tidak hanya pedagang ikan hias saja yang berjualan, tapi juga ada pedagang lain. Saat ini pedagang ikan hias berjualan di pasar Sayun bersama dengan pedagang barang-barang bekas. Mereka menyewa kios untuk berjualan ke PT Kereta Api Indonesia selaku pemilik lahan.
 
Salah satu pedagang ikan hias, Sarwo (30) mengatakan pedagang sudah mengetahui rencana pemindahan ke Kuripan Lor. “Kami setuju saja yang penting semua pedagang ini bisa tertampung,” jelas Sarwo. Sarwo menginginkan agar pasar ikan hias yang dibangun nanti ukuran kiosnya tidak ala kadarnya tapi menyesuaikan dengan kebutuhan pedagang. Idealnya, menurut Sarwo, ukuran kios pedagang ikan hias adalah 4X6 meter/ kios agar mereka tidak perlu membangun akuarium lagi. (K30-49)
 
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 21-02-2014)

1 comments:

  1. pasar ikan sayun itu sebelah mana ya ?
    boleh minta kordinatnya min ?

    ReplyDelete

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top