Sunday 23 February 2014
0 comments

Kampung Wisata Batik Pesindon di Jl Hayam Wuruk

21:33



PEKALONGAN – Kampung Wisata Batik Pesindon di Jl Hayam Wuruk, Kelurahan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat, akhir-akhir ini, kerap menjadi jujukan studi bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.
Wakil Ketua Kampung Wisata Batik Pesindon Rizka Mulan mengatakan kunjungan studi mahasiswa ada yang bersifat wisata, ada juga observasi. “Akhir-akhir ini anyak mahasiswa yang ke Pesindon, ada yang mengenakan atribut almamater ada juga yang berpakaian wisata,” jelas Riska didampingi sekretaris MBN Hidayat, Rabu (19/2).
Peningkatan Omzet

Sebenarnya, lanjut pria yang akrab disapa Erik ini, kampung wisata batik Pesindon dibentuk dengan latar belakang kultur masyarakat yang sebagian besar terlibat dalam industri batik. Setelah terbentuk, kampung tersebut semakin ramai kunjungan yang berdampak pada peningkatan omzet penjualan.
Bahkan dari kampung tersebut ada beberapa pemilik rumah batik yang mampu mengekspor batik produksinya. Namun demikian sebagian besar batik dari Pesindon baru menjangkau pasar tanah air saja. Sementara itu di Pesindon, rumah-rumah batik memiliki kegiatan beragam. “Ada rumah batik yang hanya menjadi ruang pamer, ada pula yang memproduksi, namun tidak memiliki ruang pamer,” ujarnya.
Namun demikian banyak pula yang rumahnya untuk produksi sekaligus ruang pamer. Sedangkan untuk penjualan batik, Pesindon melayani eceran dan grosir dengan produk yang beragam antara lain baju, selendang, sarung, kaus dan sprei. (K40-49)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 20-02-2014)

0 comments:

Post a Comment

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top