Monday 23 January 2017
0 comments

Soto Ayam Jalan Bank Destinasi Wisata Kuliner Di Purwokerto

05:22
Setelah sekian 10 tahun baru sempat merasakan kembali Soto Ayam Jalan Bank H. Loso atau lebih dikenal dengan Soto Jalan Bank ini menjadi destinasi wisata kuliner wajib bagi Anda yang sedang berkunjung di kota Purwokerto. Saya mulai kenal Soto Ayam Jalan Bank sejak duduk di bangku SD yang kebetulan ada Pakde yang tinggal di Sumampir Kota Purwokerto. 

Soto Ayan Jalan Bank, sajiannya yang menarik dengan warna-warni dari bahannya yang terdiri dari kupat, tauge, kerupuk soto, kerupik mie, irisan ayam kampung, bumbu kacang dan sepertinya ada irisan daun bawang dan seledri.



Apa membedakan Soto Jalan Bank Purwokerto dengan soto di kota lain? Yang membedakan adalah sambal bumbu kacang yang digunakan untuk menambah sedap Soto Jalan Bank. Sedangkan di kota lain seperti soto Semarang, soto Kudus atau Boyolali menggunakan sambal biasa sehingga kuah terlihat bening.

Bahan soto di Purwokerto ialah soun (mie putih), suwiran ayam kampung, ketupat, taoge, kerupuk mie, kerupuk warna, ditambah daun bawang, dan yang terakhir ditaburin dengan bawang goreng. Untuk sambalnya menggunakan sambal kacang. Sedikit berbeda dengan Soto Sokaraja, dimana soto Sokaraja ada opsi dengan daging sapi. Soto Jalan Bank Purwokrto pakai ayam kampung.


Soto Jalan Bank terletak di Jl RA Wiriaatmaja dulu memang bernama Jalan Bank, karena di jalan tersebut ada Kantor Bank Indonesia. Kalau dari arah barat (Ajibarang/Bumiayu) dari pertigaan Kalibogor lurus saja, melewati rel kereta api, lalu di pertigaan depan KODIM yang berhadapan dengan Museum Bank) belok kiri. Kalau dari arah timur, patokan paling mudah adalah dari alun-alun ke barat, lalu belok kanan di pertigaan depan Kodim.



0 comments:

Post a Comment

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top