Thursday 6 October 2016
0 comments

Ridaka Pusat Tenun Dan Kerajinan Kreatif Di Pekalongan #Pekalongan

19:16
 

Tenun dan kerajinan kreatif telah memberikan inspirasi dengan nuansa sentuhan bahan-bahan alami. Seperti yang satu ini, Ridaka pusat tenun dan kerajinan kreatif sebagai home industri yang berdiri sejak tahun 1940 tepatnya di Jalan H Agus Salim Klego VI No 4 Pekalongan. 
Menurut Pengelola Ridaka Dra Thuraya Abdul Kadir dan Nazie A Kadir, selaku Manajer Produksi Ridaka untuk melengkapi kebutuhan konsumen, Ridaka telah mengembangkan teknik pemanfaatan bahan-bahan alam dalam bentuk kerajinan tangan dan kain-kain tenun yang menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).
Selain alat tradisional yang digunakan, Ridaka juga memanfaatkan serat-serat alam seperti serat daun nanas, serat pelepah pisang, serat tanaman dan serat tanaman lidah mertua.  Di samping serat-serat tersebut, juga memanfaatkan pula batang tanaman enceng gondok, pelepah pohon pisang, akar wangi, mendong dan lidi. Semua bahan-bahan alam tersebut kami olah secara profesional menjadi perlengkapan interior rumah atau dekorasi dan busana.
Tak hanya itu saja Ridaka juga memanfaatkan limbah koran dan majalah bekas sebagai bahan baku yang di olah secara kreatif sehingga menghasilkan produk-produk kerajinan yang menarik menjadi kerajinan seperti tas, sarung bantal, baju, dan masih banyak lagi kerajinan-kerajinan lainnya.
Tenun tangan dan kerajinan kreatif Ridaka menawarkan 1001 macam produk kerajinan yang ditawarkan. Mulai dari berbagai macam sovenir, kebutuhan rumah tangga seperti jok kursi, taplak meja, sarung bantal, karpet, tas, tempat tisu, alas makan, keset dan masih banyak lagi produk kerajinan kreatif lainya dari Ridaka.
Untuk memenuhi selera dan kebutuhan konsumen, Ridaka siap menerima semua jenis permintaan sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Ridaka menawarkan harga bersaing, sesuai dengan tingkat kesulitan, keberadaan bahan bakunya dan waktu penyelesaian ordernya. Produk utama dari Ridaka adalah handuk berleter, yakni handuk yang bisa diberi nama pemesan yang bebas memilih ukuran besar keciknya dan corak warna yang diinginkan. Untuk handuk berleter pemesan bebas memilih ukuran dan corak warna ditawarkan, untuk harganya mulai dari harga Rp 10.000 hingga Rp 100.000-an. Kreatif dan inofatif itulah produk tenun dan kerajinan kreatif yang ditawarkan oleh Ridaka. Kini produk-produk kerajinan yang dihasilkan oleh Ridaka sudah meluas keseluruh Indonesia bahkan sampai Asia, Eropa, dan Amerika.  
Alamat CV. Ridaka:  JL Haji Agus Salim Gg 6, No. 4, Klego, 51129, 51129 Telephone(0285) 429384. Ridaka merupakan usaha yang bergerak dalam bidang kerajinan dan tenun ATBM ini adalah hasil dari kerja kreatif sang  H Abdul Kadir Muhammad sejak tahun 1940. Sebagai produsen produk kerajinan pihak Ridaka menyadari bahwa konsumen dari produk yang pihaknya hasilkan tidak bisa dijangkau atau dinikmati oleh semua lapisan ekonomi karena selain harga yang cukup tinggi, selera masyarakat juga kurang terhadap produk seni. Hanya mereka yang memang menyukai seni lah yang menjadi konsumen mereka. Pasaran yang digarap sebagian besar adalah pasaran internasional, Produk Ridaka sendiri sebagian besar sekitar 60% hingga 70% kita ekspor hingga Eropa, Amerika, Asia seperti Jepang dan Australia. Tapi yang selalu kontinyu adalah Eropa. Untuk pasaran di Indonesia sendiri pihaknya sebagian besar mengirimnya ke Bali yang itu pun akhirnya akan dikirim oleh pihak kedua ke luar negeri pula. Sebagai pengguna bahan limbah alam, yang sangat melimpah hanya saja sumber daya manusianya yang terbatas. Salah satu  penghargaan paling berkesan dan paling membanggakan adalah penghargaan Upakarti dari pemerintah tahun 1985 yang diberikan pada Bpk. H. Abdul Kadir Muhammad sebagai pengrajin tenun dari Pekalongan.










LINK VIDEO:



0 comments:

Post a Comment

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top