Guna mengejar tenggat 2018, Jokowi meminta agar para kontraktor bekerja 24 jam dengan tiga shift kerja. Jokowi juga paling rajin memantau perkembangan proyek tol, termasuk Trans Jawa di sela-sela kunjungannya ke daerah. Penyakit terberat penyelesaian Tol Trans Jawa adalah soal pembebasan lahan dan keseriusan investor pemegang konsesi. Hal ini terjadi pada tiga ruas yang paling krusial yaitu Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang. Padahal ketiga ruas tol ini totalnya mencapai 170 km lebih atau hampir 30 persen dari total jaringan Tol Trans Jawa.
Jurus kebut paling utama dari Presiden Jokowi adalah mengerahkan BUMN PT Waskita Karya dan PT Jasa Marga turun tangan. Waskita bergerak mengakuisisi Tol Pejagan-Pemalang. Bersama Jasa Marga, Waskita juga mengakuisisi ruas Tol Pemalang-Batang tahun lalu. Sedangkan ruas Tol Batang-Semarang diambil alih oleh PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII). Ruas ini merupakan proyek tol pertama yang diberikan penjaminan oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro melalui PT PII.
0 comments:
Post a Comment