Wednesday 7 December 2016
0 comments

20+ Tempat Wisata di Pekalongan Yang Paling Menarik #Terbaik

17:37
Kota dan Kabupaten Pekalongan berbatasan langsung dengan daerah kabupaten lainya di Provinsi Jawa Tengah seperti Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Purbalingga. Pekalongan berada di tengah tengah Jalan Pantura antara Jakarta dan Surabaya.  
Perjalanan darat menggunakan kereta api dari Jakarta atau Surabaya ditempuh hanya lima jam an saja.
Di Kota dan Kabupaten Pekolangan terdapat berbagai macam destinasi wisata seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata edukasi. Ulasannya sebagai berikut ini :

1. Pantai Pasir Kencana dan  Wisata Bahari Pekalongan

Tempat liburan di Pekalongan yang pertama dalah adalah Pantai Pasir Kencana dan Wisata Bahari. Pasir Kencana dikelola oleh Pemkot Pekalongan sedangkan Wisata Bahari dikelola oleh Kementerian Kelautan. Untuk menuju dua obyek wisata ini mudah, tidak jauh dari pusat Kota Pekalongan, berjarak sekitar 3 kilometer atau 10 menit.
Yang membuat pantai ini banyak diminati wisatawan lokal maupun dari luar kota adalah pada saat sore hari pemandangan sunset di pantai ini sungguh indah menawan.
Tidak hanya menyuguhkan wisata pantai yang menawan, di kawasan wisata pantai ini juga menyuguhkan akuarium besar yang berisi berbagai macam biota laut yang sangat menarik.
Di kawasan wisata tersebut juga terdapat pelabuhan dan pelelangan ikan, dan jika Anda ingin membawa oleh-oleh ikan laut segar mungkin bisa membeli di pelelangan ikan tersebut, di samping akan mendapat ikan dengan kualitas bagus dan segar anda juga akan mendapat harga yang terjangkau.







2. Air Terjun Curug Muncar  dan Sumber Air Panas

Wisata di Pekalongan selanjutnya adalah di Desa Curug Muncar terdapat banyak air terjun dan sumber air panas belerang. Alam yang masih asri dan alami. Lokasi Air terjun di Desa Curug Muncar berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl sehingga menciptakan udara sejuk khas pegunungan.
Lokasinya yang berada di hutan miliknya perhutani membuat perjalanan menuju ke lokasi air terjun ini di butuhkan perjuangan yang sedikit berat dengan melewati lembah yang ketika musim hujan tiba jalan akan berubah menjadi sangat licin.





3. Air Terjun Curug Bajing 
Air terjun Curug Bajing yang berundan dan ada kolam alami untuk pegunjung yang mau berenang.
Obyek wisata ini sudah dikelola cukup baik. Sudah ada beberapa warung makan, toilet dan mushola. Space parkir luas.
Hawa di area ini sejuk dan pemandangan masih alami.
Ketinggian Air terjun Curug Bajing kurang lebih 70 meter dan mempunyai aliran air yang deras. Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang sudah di keraskan, untuk menuju ke lokasi dibutuhkan 15 menit perjalanan dari tempat parkir.
Alamat Air Terjun Curug Bajing pekalongan. Lokasi Curug Bajing ini berada di Desa Telogo parkis, Kecamatan Petungkriyono KabupatenPekalongan. 





4. Pantai Slamaran 

Suasana dan kondisi Pantai Slamaran masih alami dan banyak pohon. Di pantai ini banyak pemancing karena di sini ada pier pemecah ombak yang jauh menjorok ke lepas pantai sehingga cocok untuk memancing.
Pantai Slamaran berlokasi di seberang sisi kanan dari Pantai Kencana atau Wisata Bahari, hanya di pisahkan oleh sebuah pelabuhan. 




5. Museum Batik Pekalongan

Wisata warisan budaya di Pekalongan adalah Museum Batik Pekalongan. Sesuai dengan namanya, museum ini berisi tentang berabagai macam koleksi batik motif asli dari Pekalongan dan motif dari beberapa daerah lainnya di Indonesia. Terdapat  juga alat-alat untuk membuat kain batik. Di museum ini juga diajarkan cara membuat batik.

Alamat Museum Batik Pekalongan : untuk lokasinya sendiri berada di Jl Jetayu No 1 Kota Pekalongan. Batik juga ternyata menjadi ikon Kabupaten Pekalongan.




6. Pantai Depok Pekalongan
Pantai Depok mempunyai panorama yang memanjakan wisatawan. Pantai ini mempunyai ombak yang landai / tenang sehingga cocok di gunakan sebagai tempat wisata keluarga. Anda tidak perlu khawatir jika anak Anda mau bermain di pantai tersebut karena ombaknya yang kecil. Walaupun begitu tetap harus diawasi.
Alamat Pantai Depok : Desa Depok, Kecamatan Siwalan Pekalongan. Dari Jalan Pantura Sragi ke arah utara.

7. Ecotourism Petungkriyono

Setelah kita menjumpai Gerbang Selamat Datang Di Petungkriyono Ecotourism, mulai masuk ke kawasan cagar alam hutan lindung, kita akan melalui jalan aspal dengan kiri-kanan jalan berupa hutan belantara yang masih terjaga keasriannya, dan bisa dikatakan hampir tak tersentuh tangan manusia, karena disepanjang jalur ini tidak diperbolehkan siapapun untuk memanfaatkan hutan sebagai lahan perkebunan atau ladang, apalagi berburu binatang liar.
Jika kita beruntung, kita bisa melihat kera-kera yang bergelantungan di ranting-ranting pohon, suara burung dan bunyi-bunyian serangga khas pegunungan juga akan selalu kita dengar sahut menyahut sepanjang perjalanan.
Menurut informasi, hutan Petungkriyono ini termasuk habitatnya macan kumbang atau macan tutul.

+



8. Wisata Alam Linggo Asri (Outbound) dan Kali Paingan (Tubing)
Wisata alam Linggo Asri yang menyuguhkan berbagai wahana wisata yang sangat menarik. Diantaranya adalah kebun binatang mini, kolam renang, bumi perkemahan, outbound, fliying fox dan tersedia penginapan.
Tempatnya yang sangat strategis membuat wisata alam ini sering di kunjungi wisatawan dari luar kota karena letaknya berada tepat di jalur lintas provinsi antara Pekalongan dan Banjarnegara. 

Di kawasan wisata ini juga ada obyek wisata yang berlokasi di pinggir Sungai Paingan. Fasilitas kolam renang, ruang baca, rumah makan dan tempat parkir luas.







9. Argowisata Kebun Teh Pagaliran
Ternyata pekalongan juga mempunyai argowisata kebun teh yang sayang jika anda lewatkan ketika liburan ke pekalongan. Jika anda menginkan destinasi wisata yang mempunyai hawa sejuk nan asri mungkin argowisata kebun teh pagaliran ini cocok bagi anda.
Sebenarnya kebun teh ini masuk ke wilayah kabupaten batang, namun dekat dengan pekalongan denan jarak hanya sekitar 40 kilometer. Kebun teh tersebut berlokasi di perbukitan dieng jawa tengah tepatnya di desa pagilaran kecamatan blado, Batang.
Wisata serupa juga terdapat di wonosobo yaitu argowisata kebun teh tambi dan argowisata kebun teh tanjung sari.





10. Desa Wisata Lolong Pekalongan

Desa wisata lolong ini menyuguhkan wisata kuliner durian, mendengar nama durian bagi anda pecinta durian seperti saya pastinya langsung tertarik dong untuk tahu lebih lanjut tentang desa wisata lolong tersebut.
Di desa wisata tersebut menyuguhkan berbagai maca jenis durian dengan kualitas yang unggulan. Bagi anda pencinta durian mungkin desa wisata lolong ini menjadi destinasi wajib yang harus di kunjungi ketika berkunjung ke pekalongan.
Untuk lokasi desa wisata loong sendiri berada di Desa lolong, Kec karanganyar, Pekalongan. Selain menyuguhkan wisata durian yang sungguh menggoda, desa wisata ini juga mneyediakan wisata adventure seperti halnya river stubing yang di lakukan di sungai sengkarang.





11. International Batik Center

Selain berkunjung ke museum batik yang sangat menarik, di Pekalongan juga anda bisa mengunjungi pusat batik internasional yang tak kalah menariknya.
tempat ini merupakan pusat penjualan batik di kota pekalongan dan tentunya berbagai macam batik semunaya ada di sini, karena pekalongan merupakan sebagai ikon batik di indonesia.
Alamat International Batik Center : utuk lokasi international batik center snediri berada di Jl Ahmad Yani No 573 Wiradesa, Peklaongan. Kawasan tersebut berdiri di tanah seluas 4 hektar.



12. Wisata Alam Menarik di Gunung Regojembangan

Bagi anda pendaki gunung, jika berkunjung ke pekalongan tidak hanya gunung kedalisodo yang bisa anda daki. Ternyata juga di pekalongan ada gunung regojembangan yang tak kalah menariknya dan menantang untuk di daki selain gunung kedalisodo.
Gunung ini berlokasi di perbatasan antara kabupaten banjarnegara dan juga kabupaten pekalongan. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.117 mdpl.

13. Watu Ireng, Wisata Misteri di Pekalongan

Nah bagi anda yang suka dan sering penasaran dengan hla-hal mistis, mungkin salah satu wisata pekalongan ini bisa anda kunjungi. Yaitu wisata misteri watu ireng yang berlokasi di Ds lambur, Kec Kendang Serang, Pekalongan. jarak dari dari kota pekalongan pun cekap dekat, yaitu hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota pkelaongan.
Watu Ireng sendiri mempunyai arti batu hitam dalam bahasa indonesia. batu hitam yang berada di lokasi tersebut di perkirakanan memiliki rongga dan tidak ada satu orang pun tahu asal mula dari batu tersebut. Walaupun tergolong wisata mistis namun sebenarnya wisata tersebut tidak menakutkan kok.

14. Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan

Tempat wisata di pekalongan selanjutnya adalah wisata pantai wonokerto yang mempunyai pemandangan sunset yang luar biasa.
pantai ini berlokasi di Ds Wonokerto, kec wonokerto pekalongan. untuk mencapai pantai tersebut di perlukan waktu sekitar 20 menit dari jalan pantura menggunakan kendaraan bermotor.

15. Bukit Pawuluhan Yang Mempesona

Wisata alam di pekalongan yang satu ini memang menyuguhkan pemandangan khas pegunungan yang mempesona. Untuk menuju punck bukit ini kiranya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.
ketika sampai di atas anda akan di suguhkan dengan pemandangan yang sangat menarik untuk di jadikan spot foto yang sangat indah. Lumayan bisa buat nambah koleksi fot traveling yang menarik untuk sekedar di share di akun instagaram anda.
Untuk lokasi bukit pawuluhan ini berada di Ds gembong, Kec kandangserang, Pekalongan.

16. Wisata Menarik di Mangrove Park

seperti halnya jepara yang mempunyai wisata andalan hutan mangrove, di pekalongan juga mempunyai wisata mangrove park yang tak kalah indahnya. Tempat wisata ini dahulu merupakan tambak udang yang di kelola oleh dinas pertanian kota / kabupaten pekalongan yang kemudian di tanami pohon bakau dengan tujuan untuk mencegah abrasi air di kawasan tersebut.
Namun seiring dengan berjalanya waktu, kawasan ini di kembangkan menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk di jelajahi.
Alamat mangrove park pekalongan : Untuk lokasinya sendiri berada di kel kandang panjang, Kec Pekalongan Utara, Kab Pekalongan.



17. Wisata Belanja di Pusat Grosir Setono Pekalongan

tempat liburan di pekalongan selanjutnya adalah wisata belanja di pusat grosir setono yang berlokasi di pinggir jalan pantura pekalongan.
wisata belanja di pekalongan ini menawarkan berabagai macam batik khas pekalongan dengan harga terjangkau. bagi anda yang sedang mencari oleh-oleh atau buah tangan di pekalongan mungkin bisa datang ke pusat grosir sentono ini karena terkenal mempunyai harga yang murah.





18. Wisata Menarik di Curug Bidadari Jolotigo

Obyek wisata alam satu ini sekarang lagi ngetrend di kalangan muda mudi, karena banyak yang membagikan foto di lokasi ini pada instagram mereka dan membuat follower mereka tertarik juga untuk mengunjungi wisata eksotik ini.
Orang sering menyebut Curug Bidadari dengan sebutan curug batu dinding kolam lima, dikarenakan di sekitaran air terjun tersebut terdapat lima aliran air yang hampir menyerupai dengan kolam renang.
Alamat Curug bidadari pekalongan : untuk lokasi curug bidadari tersebut berada Ds Purbo jolotigo, Kec talun, Peklaongan.

19. Sego Megono dan Garang Asem, Wisata Kuliner Pekalongan yang lezat
Nah setelah membahas berbagai macam tempat wisata pekalongan yang sangat menarik untuk di kunjungi, mungkin alangkah baiknya jika di tutup dengan menyantap Sego Megono dan Garang Asem yang meruapakan kuliner khas Pekalongan.
Sego megono merupakan makanan khas Pekalongan yang terbuat dari bahan nangka muda yang di cincang hiingga halus dan di campur dengan parutan kelapa. Akan lebih sempurna lagi jika di nikmati bersama nasi.
Jika anda liburan di Pekalongan sayang sekali jika tidak mencoba kuliner yang lezat ini.


20. Tauto atau Tauco, Wisata Kuliner Pekalongan yang Unik
Wisata di Pekalongan yang terakhir adalah makanan khas Pekalongan yang bernama Tauto. Bagi anda yang buka warga asli pekalongan pastinya bingung ya, apa sih sebenarnya tauto itu??
Ya, tauto merupakan makanan khas pekalongan yang sejenis dengan soto yang di perkaya dengan rasa tauco, tauco sendiri merupakan semacam bumbu-bumbuan yang berbahan dasar kedelai sehingga menciptakan cita rasa yang unik dan memanjakan lidah. Tauto ini juga biasanya di lengkapai dengan suwiran / irisan daging dan juga jeroan dengan kuah hangat bercampur nasi seperti halnya soto.
Untuk menemukan kuliner khas Pekalongan cukup mudah kok, di pinggir jalan banyak yang menjajakan makan khas Pekalongan.



Sekedar Tambahan dari kami, sebaiknya anda menggunakan google mpas untuk memudahakan perjalanan anda ke lokasi wisata tertentu dan juga peta wisata pekolangan. Maps wisata pekalongan bisa di aksese melalui maps di bawah ini.
Gimana pendapat anda setelah membaca review tentang tempat wisata di pekalongan jawa tengah ini. Ternyata Pekalongan mempunyai potensi wisata yang sangat menarik kan. owh iya beritahu taman anda tentang wisata di pekalongan ini dengan cara membagikan di akun sosial media anda masig-masing.


0 comments:

Post a Comment

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top