Wednesday 18 March 2020
0 comments

CANDI SIMPING BLITAR MAKAM PENDIRI KERAJAAN MAJAPAHIT RADEN WIJAYA

23:44



Candi Simping merupakan salah satu peninggalan sejarah bercorak #Hindu dari kerajaan #Majapahit yang terletak di Dusun Krajan, Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten #Blitar. Tempat ini memiliki nilai sejarah tinggi karena merupakan perabuan raja pertama Kerajaan Majapahit Raden Wijaya
Raden Wijaya, sang proklamator atau founding father pendiri Kerajaan Majapahit wafat pada tahun1309 Masehi dan abunya didarmakan di Candi Simping. Penegasan tentang keberadaan candi ini tertulis dalam Kitab Negarakertagama Pupuh XLVII/3 bagian yang ketiga, yang berbunyi:
“Tahun Saka Surya mengitari bulan (1231 Saka atau 1309 M), Sang Prabu (Raden Wijaya) mangkat, ditanam di dalam pura Antahpura, begitu nama makam dia, dan di makam Simping ditegakkan arca Siwa," kata Susilo lagi.
Meski keadaannya sudah runtuh, namun aura dan nuansa Majapahit masih bisa dirasakan di candi ini. Sehari-hari orang yang berkunjung ke situs bersejarah ini juga tidak banyak. Menurut Susilo, dalam satu bulan orang yang berkunjung ke tempat ini hanya sekitar 400 hingga 500 orang. Cukup sedikit bila dibandingkan dengan Candi Penataran dan candi-candi lain.










0 comments:

Post a Comment

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top