Wednesday 19 July 2017
0 comments

Wisata Sejarah Peninggalan Kediri-Majapahit "Candi Panataran"

05:15
Pada hari Sabtu, 15 Juli 2017 Kami menyempatkan mengunjungi Candi Panataran, di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar.

Komplek candi Penataran ini merupakan komplek candi terbesar di Jawa Timur dan terletak di lereng barat daya Gunung Kelud. Terletak pada ketinggian 450 M dari permukaan laut, komplek candi Penataran ini terletak di desa Panataran, kecamatan Nglegok, Blitar.

Candi Penataran adalah salah satu bukti bahwa pada masanya, pernah ada sebuah kerajaan yang berjaya di Blitar. Menurut catatan sejarah, candi ini dibangun pada tahun 1200 Masehi pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri. Kemudian, penggunaan candi ini dilanjutkan oleh kerajaan lain yang juga pernah berjaya di Jawa Timur yakni Kerajaan Majapahit. Tepatnya pada masa pemerintahan Wikramawardhana yang memerintah pada tahun 1415.


Candi Penataran sendiri merupakan sebuah candi bercorak Hindu. Candi ini berada di lereng Gunung Kelud pada ketinggian sekitar 450 mdpl. Keseluruhan area kompleks candi ini sangat luas yakni mencapai 12.946 m². Menjadikannya sebagai candi terluas sekaligus termegah yang ada di propinsi Jawa Timur.

Karna memiliki area yang luas, kompleks candi ini dibagi menjadi tiga bagian yang disebut dengan Halaman Depan, Halaman Tengah, dan Halaman Belakang. Bagian-bagian tersebut dibuat semata-mata untuk memudahkan pemahaman terhadap kompleks candi. Pada masing-masing bagian candi terdapat bangunan-bangunan seperti pendopo, Bale Agung serta tentu saja, candi.


Lokasi candi utama pada kompleks candi ini berada di Halaman Belakang. Candi ini berbentuk piramida berundak yang tidak terlalu tinggi. Di belakang candi utama tersebut terdapat sebuah sungai yang berhulu di Gunung Kelud.

Sebagaimana candi-candi pada umumnya, pada bangunan candi di kompleks Candi Penataran ini juga terdapat relief-relief yang masing-masing menuturkan sebuah cerita. Banyak peneliti yang berusaha untuk mengartikan maksud dari relief-relief yang ada di Candi Penataran. Beberapa contohnya adalah cerita tentang kisah Sri Tanjung, Bubuksah-Gagang Aking, dan Sang Setyawan yang berada pada relief di Pendopo Teras yang lokasinya berada di Halaman Depan.

Candi Penataran sendiri sebenarnya memiliki nama asli Candi Palah. Mungkin karna lokasinya yang berada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok maka candi ini kemudian dinamakan Candi Penataran.


Video Link:



#Blitar
























0 comments:

Post a Comment

Batik

More on this category »

Art

More on this category »
 
Toggle Footer
Top